Another blessing He gave me

Halo gaes! Akhirnya setelah cukup lama gue menjadi sangat tidak produktif dalam kehidupan gue karena udah gak tau harus ngapain, gue bisa cerita lagi di blog ini. 

Seperti beberapa dari yang kalian, yang udah tau, tahun ini adalah tahun penentuan dimana gue bisa menjawab pertanyaan: "Kya kuliah dimana?"

Mari kita mulai dari awal banget nget nget... 
Awal Febuari gue dan temen-temen angkatan gue sudah mulai disibukkan dengan pengisian data SNM, konversi nilai, konsul SNM. Sempet seneng banget, karena pas konsul SNM ternyata gue bisa banget dapet peluang di FIKOM UNPAD, karena track record kakak kelas gue yg selalu diterima di jalur tulis setiap tahunnya, dan gak ada anak angkatan gue yg milih jurusan yang gue pilih waktu SNM. (Ya ini inisiatif angkatan anak gue sendiri buat bikin angket, bukan dr sekolah. Dan Aziz dkk bahkan niat masukkin nilai rapot satu per satu setiap anak IPA buat ngeliat rank paralel + grafik nilai, so thanks to panitia SNMPTN 33 2016!)

Pas pengumuman tepatnya tanggal 9 Mei,  gue sengaja gak buka duluan, karena gue takut (gak deg degan) gak diterima. Bener aja pas buka, yg muncul ini: 



Awalnya gue biasa banget gak dapet mengingat gue anak lintas yang nilai ipsnya bener - bener kosong. Tapi lama kelamaan pas liat grup angkatan, banyak jg yg dapet.. rasanya nyes abis itu nangis seharian, 4 jam nonstop. Sampe mata gue bengkak bgt, karena sesedih itu gak dapet PTN di jalur yang sangaat gue impikan. Dan di hari itu gue janji, setelah air mata drama 9 Mei itu, gue gak boleh nangis nangis grgr SNM lagi, harus fokus SBM. Dan iya, ternyata gue besokannya udah gak sedih, singkat cerita gue akhirnya berasa dibakar lagi semangatnya, sampe hasil SNM itu gue jadiin lock screen hape gue kayak gini: 



Pokoknya setiap hari gue les, konsul abis les, belajar pas sore. (Walaupun sempet mogok pasca libur UN krn masih jenuh juga sih dan karena pergi ke Malang jg). Terus les lagi tiap hari walaupun kl lg bahas soal kerjaan gue geleng-geleng kepala aja sambil planga plongo saking bingung kayak, "ini apaan sih woi gue gak pernah denger...", TO tiap minggu, bahkan sampe bingung pake baju apa ke GO. 

Singkat cerita, sampailah hari dimana SBM itu datang. Gue kebetulan dapet SBM di SMA 39 di daerah Cijantung tepatnya di Komplek Kopasus (Sumpah ni sekolah keren bgt kece abis gedungnya!!!), dan sehari sebelumnya juga gue udah survei sih.. jadi hari H gue sudah paham sekali dengan medannya dan estimasi waktu kesana nya. 

Hari itu gue super kurang tidur karena grogi kepikiran, jujur aja. Makanya gue baru bisa tidur sekitar jam 3/4 an gitu, dan harus bangun jam stgh 6, iya jam 6 gue udah berangkat dan sarapan di mobil karena gue parno banget telat. Eh ternyata kepagian, jam 7 lewat gue udah sampe, dan gue dari jalan sampai jam 9 tidur. Bangun bangun gue cuma turun dari mobil, cari ruangan sambil planga plongo karena gaada temen, lalu tiba-tiba ada yg dateng ngajak kenalan namanya Dina, Vita sama Ayu, kebetulan mereka juga sendiri-sendiri gitu kayak gue awalnya, gak ada temen. 

Dan ya akhirnya punya temen ngobrol... Gak lama, masuklah kita ke ruang ujian masing-masing. Bersyukur banget sih gue waktu itu, di SMA 39 kelasnya dingin jadi faktor pemicu gue lebih konsen juga hari itu. 

Awalnya, gue ngerjain TPA, gue pas ngerjain gak kepikiran lagi sih soal poin, gue babat aja walaupun ragu, and yes im a gambler. Keluar dari kelas gue sempet nenangin diri dulu sambil ngobrol di kantin, abis itu balik ke mobil dan makan (iya makanan gue di mobil). Selesai makan, gue nangis.... karena keinget gue gak bisa ngerjain TPA nya, padahal seperti yang udah menjadi rahasia umum bahwa TPA itu gudang nilai. Gue bener-bener gak bisa ngerjainnya, karena soal nya SUPER BEDA dari tahun-tahun sebelumnya dan gue gak tau sama sekali cara ngerjain soal model kayak gitu. Pas waktu tinggal 15 menit, gue baru aja selesai ngerjain B.Indo (gue ngeskip matematika dasar dan sekitar 3 soal kemampuan verbal sama numerik), setelah baca beberapa soal inggris gue sadar, "wah ini gue gak bakal dapet nih matdas, udahlah takis". Akhirnya, gue membulatkan 15 nomor matematika dasar gue dengan jawaban A semua, bener-bener A semua. Dan lanjut ke soal B.Ing dan ternyata gue cuma bisa dapet 12 soal. Sedih? Banget. Udah gak tau lagi deh gue harus ngapain kalo inget TPA. 

Setelah selesai nangis menye-menye, gue udah berserah, dan lanjut ke sesi berikutnya, TKD Soshum. Gue ngejawab 3/4 soalnya. Walaupun jawaban geografi gue, gue yakin di hari itu, adalah jawaban terngaco yang ada di muka bumi ini. Nah, setelah SBM, soalnya kan dibawa pulang, dan ternyata ada kunci sbm nyebar. Gue awalnya gak mau periksa-periksa biar surprise

Eh ternyata... kepo juga, gue itung-itung, matdas gue gak minus! Skornya 0. Dan ternyata geografi gue -4. Semenjak tau geografi -4, dalam hati gue udah dadah dadah sama FIKOM UNPAD, dan yaudah lah gue juga masih ikut SIMAK & UM UNDIP. 

Pas SIMAK & UM UNDIP, gue dapet sekolah yang gak ada AC nya, cuma yang paling parah pas UM UNDIP sih krn ventilasi udara sekolah nya jg kurang bagus gt. Jadi ngeleket gitu loh panasnya, sumu. Tapi Puji Tuhan, gue bisa ngerjain SIMAK & UM UNDIPnya, dan itu cukup gue ngebuat yakin kalau gue diterima diantara UI/UNDIP. 

Fyi, gue sama sekali gak mencadangkan PTS. Dulu gue pernah test beasiswa di BINUS, dan gue lepas beasiswanya, karena gue ngerasa... bukan jalan gue aja.

Siiiingkat cerita, datanglah hari itu... 28 Juni, jujur aja gue takut lagi, bukan deg-degan. Malah nyokap gue yang senewen, bahkan pas tidur siang doi cerita, doi mimpi kalau gue gak diterima. 

"Yah bener aja ini mah dadah FIKOM UNPAD" :"") 

Akhirnya gue baru berani buka setelah beberapa temen gue buka, gue berdoa aja sebelum buka, berdoa biar dikasih hati yang bisa ikhlas dengan apapun hasilnya. Eh yang muncul ternyata ini: 


HAHAHA gue spontan nangis kejer bgt sambil teriak manggil emak gue.. emak gue sampe panik, ngiranya beneran gak diterima. Eh ternyata diterima.. Gue bersyukur sekali. 

Kalau ada beberapa kalian nanya, gimana cara belajar gue padahal kan gue anak IPA?
(Yg notabene gak pernah belajar soal IPS kecuali LM Ekonomi sama Sejarah Wajib, itu juga gue berasa upil doang kalo ketemu soal SBM/Mandiri)
Kayaknya sih cara belajar gue gak sehebat orang-orang lain, masih banyak yang lebih rajin daripada gue. Gue belajar dari bulan November, gue belajar sejarah terus gue lanjut ke sosio terus ke geo baru ke ekonomi, pokoknya gue baca dulu semua materi di buku yang gue punya.. sampe ngerti terus baru terjun ke soal setiap selesai belajar materi satu pelajaran. 

Jadi misalnya gue abis selesaiin materi sejarah nih, yaudah gue kerjain tuuuh beberapa soal sejarah di buku itu.. Terus ya ditargetin mesti berapa dapet skornya. Gue juga kalau TO di tempat les pake stopwatch, 1.5 jam itu buat full kerjain soal. Harus dapet 1.5 jam target gue. Jangan nanya-nanya/kerjasama/nyontek, biar pure hasilnya. Terus juga gue selalu belajar materi yang gue mau aja, kan nanti dikasih semacam kisi-kisi SBM, nah iya jadi belajar aja materi yang gue suka dan gue kira bisa (ini khusus ke geo dan eko), karena gue gak gitu interested ke 2 pelajaran tersebut. Tapi kalau bisa nguasain semua, kenapa enggak?

Sama kalau bingung sama materi, harus berani nanya ke guru les, gue cukup sering.. abis les, gue konsul lagi. Ya biar tambah pinter. 

Dan gue selalu inget buat cari motivasi, karena semangat PTN bisa saja kandas lewat temen-temen yang udah enak kayaknya daftar PTS, santaai idupnya. Tapi ya diinget lagi aja lebih ringan biarin orangtua bayar PTN daripada PTS. Karena gue tau banget PTS yang punya branding bagus di mata perusahaan, yang udah terkenal bagus juga secara fasilitas dan kualitas secara akademiknya, sangaaat mahal biayanya. 

Ini sih gue ya, pasti setiap metode belajar orang beda-beda, dicari aja yang paling bikin nyaman. 

Cara gue dapet SBM?
Gue gak tau sama sekali, gue gak berekspektasi apa-apa. Pure semua karena kebaikan Tuhan aja. Kan gue kan udah bilang tadi, gue bahkan gambling 15 soal matdas, geografi gue bahkan -4. Tapi gue diterima di pilihan pertama gue. 

Saran buat yang ikut SBM?
1) Jaga manajemen waktu, jangan terpaku sama satu soal.
2) Persiapin mental, jangan ngedown dan kebanyakan mikir atau ngulang pelajaran pas mau SBM, karena itu seharusnya dilakukan jauh-jauh hari sebelum SBM. (Berlaku juga buat ujian mandiri)
3) Makan yang bener, jangan sampe gak makan. Kalau bisa bawa bekal, karena kalau pun ada kantin, pasti rame nantinya. 
4) Bawa terus universitas yang dicita-citakan dalam setiap doa. Ini hal yang paliiiing penting! Selalu! 
5) Jangan ngeremehin survei sekolah, itu sangat penting. 
6) Kalau mau ngebuletin jawaban, per satu lembar satu lembar. Jangan sampe ngerjain dulu baru buletin, makan waktu banget, takut gak cukup. 
7) Pilih mode ujian yang disuka, entah itu PBT atau CBT
Kalo gue anaknya PBT banget, gue gak bisa kerjain soal pake komputer, it a little bit confuses me for some reasons.. kayak ngerjain kemampuan figural terus liat komputer tuh terlalu membingungkan buat gue. Makanya gue pilih Ujannya PBT. Kalau kalian emang udah niat CBT dari awal, daftarnya lebih awal lagi kalo bisa pas hari pertama, karena kuota CBT belum begitu banyak. 
8) Jangan meremehkan orang-orang yang kerjaannya di kelas cuma ketawa kayak orang gak ada beban, diem-diem aja kayak gak ada semangat belajar. Mereka justru yang bisa jadi lawan terbesar buat SBMPTN. Pokoknya jangan meremehkan siapa pun. 

Intinya bersyukur banget dapet kesempatan kuliah di tempat yang gue mau. (FYI, gue sama sekali tidak lolos di SIMAK maupun UM UNDIP). 

Bersyukur buat 33 2016 yang berhasil diterima di Perguruan Tinggi yang dicita-citakan. Selamat! 

Buat temen-temen yang belum dapet, tetep semangat! Semangat ikut ujian mandiri lagi dan lain-lainnya, selamat berjuaaang!

Kalau ada yang mau nanya-nanya gue lagi, atau ngerasa postan ini masih belum cukup dan agak malu buat nanya di kolom comment. Silahkan tanya aja ke: 
kyaadhimukya29@gmail.com nanti gue bales disitu

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat. 
I'll see you in my next post! :)

Akhirnya yang gue doain mulu kesampean.. 

Comments

  1. Selamat ya Ky sekali lagi!
    Jadi malu sendiri gue baca lo belajar sampe segitunya :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qq makasih banyaak! <3
      Gue mah apa dibanding lu Nad, gangapa-ngapain jg udh pinter. :(

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Selamat Kyaa buat Fikom Unpadnya! Ciye.. jadi anak Bandung nih ya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rimaa!! Selamat juga ya jd anak Bogor euy, sukses terus ya! <3

      Btw UNPAD di Sumedang, bukan di Bandung :(

      Delete

Post a Comment

Popular Posts